Belajar Pemrograman : Harus Mulai dari Mana ?

Dari mana harus memulai belajar pemrograman

Pemrograman adalah skill yang paling dicari-cari sekarang. Riset mengatakan, Software engineer atau biasa kita sebut dengan programmer mempunyai posisi yang banyak di cari di perusahaan. Kenapa? karena pada era digital ini semua mengandalkan hal-hal yang serba digital. Mengingat permintaan job atau career dari perusahaan yang menginginkan seorang programmer yang mempunyai skill yang mumpuni atau expert, memaksa para pencari kerja untuk belajar pemrograman.

Belajar pemrograman terlihat sulit bagi banyak orang. ini terjadi karena salah langkah dalam pendekatan dalam belajar kode. Orang-orang mempunyai cita-cita untuk membuat aplikasi yang kompleks, dan mereka gak tau dan belum paham akan dasar dari programming itu sendiri. Termasuk gue, gw belajar pemrograman dari dan sejak saya berada di sekolah menengah pertama. Gue mencoba untuk belajar membuat template html hanya berdasarkan google dan tutorial dari blog-blog pemrograman lainya, tanpa tahu apa sih dasarnya bahasa HTML itu sendiri. Gak heran bila gue kaget dalam menghadapinya, kenapa ? karena gue tidak mempelajari dasarnya terlebih dahulu.

Nah, pada suatu hari gue menyadari bahwa itu adalah kesalahan yang cukup fatal dan paling sering terjadi diantara kita. disini gue akan membagikan cara belajar pemrograman yang dapat mengurangi frustasi, dan malah dapat menjadikan pembelajaran coding anda jadi terlihat lebih menyenangkan.

Gimana belajar pemrograman?

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana cara belajar pemrograman yang tepat. artikel ini dapat berguna untuk 2 kondisi. The job-seekers and students, let see he roadmap bagaimana cara belajar coding yang sesuai untuk para pemula..

1. Buat dirimu terbiasa dengan bahasa programnya

Merasa nyaman atau familiar dengan bahasa pemrograman adalah langkah pertama yang harus di perhatikan. Orang-orang biasanya akan memulai dengan sesuatu yang paling trending, kenapa ? karena banyak sekali orang yang tertarik dengan pemrograman baru atau yang lebih tenar dikarenakan ingin dinilai hebat, contohnya ada berita begini the best of programming language is a python, kita akan merasa penasaran apa sih python itu apakah terlihat sulit, atau malah menyusahkan?.

Pada dasarnya kita harus memulai sesuatu dari dasar terlebih dahulu saya sarankan untuk mempelajari html, css, javascript sebagai dasar dari web programming, dan C, C++, java sebagai dasar dari desktop programming, yah walau C, C++ dan java bisa digunakan sebagai dasar dari berbagai macam aplikasi tapi saya merekomendasikan mereka sebagai dasar android development dan desktop development.

Kalian bisa memulai dengan belajar hal-hal dasar, seperti bagaimana cara menuliskan syntax, tipe data, variable, perulangan (loops), atau susunan data (arrays) dan sebaginya, coba memecahkan masalah sederhana, seperti membuat aplikasi sederhana atau membaca code orang lain.

2. Belajar Struktur data dan algoritma

setelah kamu merasa nyaman dengan bahasa-bahasa diatas selanjutnya yang harus dipelajari adalah strutur data dan algoritman. What is that ? struktur data dan algoritma membantu kamu dalam membangun bakat yang diperlukan untuk ngoding. pengetahuan tentang struktur data dapat membantu kalian untuk memilih langkah yang paling cepat untuk memecahkan permasalah, tapi gak semua struktur data digunakan dimana saja. Jika kamu sudah mulai belajar tentang algoritma, kamu dapat memahami cara kerja dari banyak library function, yang mana dapat dijadikan sebagai pengetahuanmu.

3. Buat tanganmu kotor dengan berlomba di bidang programming

setelah kamu belajar tentang struktur data dan algoritma, kalian harus mulai memecahkan permasalahan-permasalah yang terjadi di website seti SPOJ, codechef, codeforces, topcoder, hackerrank, dan untuk forum Indonesia kamu bisa mulai dengan sekolahkoding.com yang mana dapat membantu kamu berkembang. Kata yang saya dapat dari internet “The more problems you solve, the better it is” kamu bisa mencoba menyelesaikan masalah dari yang paling lama, dan yang paling baru, setidaknya kamu menyelesaikan 100 permasalahan yang berbeda, dan kamu akan merasa percaya diri dengan skill coding kamu.

4. Buatlah sebuah projek / berkarya

Setelah kamu menempa skill problem-solving dan programming mu, inilah saatnya kamu membuat sebuah aplikasi yang berguna. Kamu bisa menggunakan beberapa Framework yang sedang populer dalah bahasa pemrograman yang dapat anda fokuskan. sebagai contoh untuk PHP, kalian bisa menggunakan Codeigniter dan Laravel yang mana banyak sekali rekomendasi dari komunitas-komunitas pemrograman, dan untuk javascript sebagai backend programming dan front end programming kamu bisa menggunakan Nodejs, express dan Reactjs.

buatlah projek / karya yang dapat kamu gunakan, membuat sebuah aplikasidapat membuat dirimu merasakan nuansa Software development yang sebenarnya, yang sering dilakukan programmer.

5. Explore jangan berhenti belajar

setelah kamu yakin dengan skill yang kamu punya, dan sudah membuat project, now go to explore to the various domains of computer science, dan lihat apa yang membuat dirimu tertarik disana.

Computer Science adalah bidang yang luas dan kaya akan ilmu pengetahuan yang terdapat sub-bab atau bidang yang menarik. beberapa contoh yang paling populer di computer science is Artifact Intelligence, Machine Learning, Cryptography, Cloud Computing, System Programming, Computer vision, Natural Language processing, Blockchain, dan masih banyak lagi, dan kamu harus mempunyai tujuan dari banyak jurusan tersebut, why? karena jika kamu mencampur adukan mereka menjadi satu tentu akan menjadi hal yang bagus but, kamu harus fokus terlebih dahulu apa yang akan kamu tuju.

nah begitulah ceritanya, ada yang kurang paham ? go check comment or leave your comment below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *